Berita

Management Sistem Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut Berbasis Masyarakat [ II ]

Management Sistem Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut Berbasis Masyarakat [ II ]

 Dalam Program Management Sistem Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut Berbasis Masyarakat, Yayasan Puter Indonesia bekerja sama dengan PT RMU (Rimba Makmur Utama), USFS (US Forest Service), dan USAID. Kegiatan dilakukan di Desa Seragam Jaya dan Desa hantipan di Kalimantan Tengah, Indonesia 2016. Berikut merupakan kegiatan selama di lapangan di Desa Seragam Jaya dan Desa Hantipan.

DESA HANTIPAN
Sosialisasi pertama Program Management Sistem Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut Berbasis Masyarakat di Desa Hantipan dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2016 dihadiri 30 orang yang terdiri dari 23 Laki-laki dan 7 perempuan. Peserta yang hadir yaitu dari Yayasan Puter Indonesia, PT RMU, Pemerintah Desa (Kepala Desa, Sekretaris Desa, Staf Desa, Ketua BPD), dan Regu Siaga Api tingkat desa. Di dalam sosialisasi tersebut dari pihak fasilitator bersama dengan pemerinthan desa membuat sebuah perjanjian kerja sama dalam pelaksanaan Program Pencegahan Kebakaran Berbasis Masyarakat di Desa Hantipan dan langsung membentuk Regu Siaga Api di tingkat desa yang terdiri dari 26 orang.
      

Berikut merupakan lampiran surat pengukuhan Regu Siaga Api tingkat Desa dan nama-nama Regu Siaga Api yang terdiri dari 26 orang.
Untuk mendapat informasi yang lebih dalam tentang bencana kebakaran di desa Hantipan, pada tanggal 9 Juni 2016, Fasilitator dan pemerintahan desa beserta warga Desa Hantipan melakukan pertemuan dan diskusi kelompok yang di fokuskan untk membahas sejarah kebakaran di desa seragam jaya dimulai dari tahun 2010 – 2015, memetakan daerah rawan kebakaran, mencari daerah yang strategis untuk dibangun kanal bloking dan sumur bor, mengidentifikasi sumber dan akses yang tepat, dan Penyusunan Rencana Kerja dan Identifikasi Sumber Pendanaan
.
        
 
Dari hasil diskusi kelompok tersebut kami mendapatkan informasi tentang daerah rawan bencana dan sejarah kebakaran di beberapa titik dari tahun 2012, 2014, dan 2015 yang didigitasi ke dalam peta.
 
 
Peta Rencana Pencegahan KARHUTLA   Peta Rencana Pencegahan KARHUTLA
     
 
Peta Sejarah Titik Api tahun 2012   Peta Sejarah Titik Api tahun 2014
     
   
Peta Sejarah Titik Api tahun 2015     
 
Setelah menggali lebih dalam tentang informasi bencana kebakaran di Desa Hantipan yang di fokuskan kepada poin-poin yang tadi maka langkah selanjutnya pada tanggal 3 – 5 Juni 2016 Tim Fasilitator beserta Regu Siaga Api yang di damping oleh pemerintahan desa melakukan survei lapangan untuk melihat lokasi yang menjadi bekas kebakaran sejak tahun 2010 sampai tahun 2015.
      
Survei Lokasi pembuatan tabat kanal dan sumur bor
Lokasi Pembuatan Tabat Kanal
 
 
Tabat 1. Tatah Jumar   Tabat 2. Handil Sekawan
     
    
Tabat 3. Handil Sekawan   Tabat 4. Handil Sekawan
 
Lokasi Pembuatan Sumur Bor



 
Survei Lokasi jalur patroli dan pembuatan sekat bakar
     

Setelah survei lapangan selesai di laksanakan, untuk lebih mematangkan persiapan program ini maka  dari tim fasilitator dan Regu Siaga Api melakukan pertemuan dan diskusi  pada tanggal 4 Agustus 2016, untuk Rencana Pengembangan Pengelolaan Kebakaran di Desa Hantipan dalam pertemuan ini bertujuan Pembentukan Strtuktur Lembaga, Penyusunan rencana Kerja, dan Penyusunan SOP desa. Pertemuan ini di hadiri 15 orang dan pesertanya dari Yayasan Puter Indonesai, PT RMU, dan Regu Siaga Api.
       
Dalam Penguatan kapasitas Regu Siaga Api maka dilakukan pelatihan yang instruktur pelatihannya dari Manggala Agni Sampit dengan jumlah 42 orang. Pelatihan melibatkan Yayasan Puter Indonesia, PT RMU, Kepala Desa, Sekretaris Desa, BPD, Pihak Kecamatan, Polsek Kecamatan Pulau Hanaut.
      

Pada bulan Agustus – November 2016 Regu Siaga Api tingkat Desa Hantipan sudah melakukan patroli pencegahan kebakaran. Tim patroli berjumlah 21 orang dan dibagi menjadi 7 regu, setiap regu berpatroli selama 7 hari secara bergiliran. Tugas utama dalam menjalankan patrol ini untuk melakukan perawatan tabat, untuk membuat jalur patrol, sekat bakar, pemadam kebakaran, dan penanaman areal bekas yang terbakar.
          

Jadwal pelaksanaan patroli Desa Hantipan untuk membantu membagi tugas 7 regu tim Pemadam Kebakaran.

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi di Desa Seragam Jaya dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2017. Dihadiri oleh seluruh anggota Regu Siaga Api (RSA), Pemerintahan Desa, Camat Seranau, Koramil dan Polsek Kecamatan Seranau dan dihadiri oleh perwakilan staff PT Rimba Makmur Utama.
 
              
 
Dalam berkegiatan dilapangan tim Regu Siaga Api dibekali beberapa perlengkapan, Seperti : 
•      Seragam Lapangan RSA Seragam Jaya & Hantipan
•      Peralatan Masak untuk Kegiatan Patroli (Camp Set)
•      Mesin Pompa, Selang, Nozzle
•      Biaya operasional dan Logistik Tim Patroli mulai bulan Agustus – November 2016
 
      
   
 
 

There are no comments

Posting comments after three months has been disabled.

Yayasan Puter Indonesia

Kantor:
Perumahan Bogor Baru, Jl. Danau Toba, Blok C-2 No.9
Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah
Kode Pos 16127
P: +62 251 7568477
F: +62 251 7568477
E: office@puter.or.id