Dasar Pendirian

Bentuk Indonesia yang kepulauan serta keberagaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia akan selalu menghadapi berbagai tantangan dalam perkembangannya pada masa mendatang. Secara yuridis desentralisasi telah dijalankan di Indonesia. Namun peristilahan ini tidak hanya digunakan dalam konteks pemerintahan saja. Lebih jauh lagi adalah devolusi kewenangan kekuasaan kepada rakyat dalam kaitannya dengan hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara.

Dalam konteks sosial, desentralisasi lebih bermakna kepada usaha menghilangkan proses pengambilan keputusan yang selama ini lebih sering terpusat pada elite di masyarakat yang bersangkutan. Sebelum didapat gambaran ideal masyarakat desentralistis, dibutuhkan penghargaan formal terhadap hak dan kewajiban rakyat sebagai individu, baik sebagai warga negara maupun anggota masyarakat. Perjalanan masih jauh untuk mewujudkan rakyat percaya diri yang mampu memainkan peran penting dalam kerangka masyarakat yang desentralistis. Ini tantangan bagi yang terpanggil menjadi katalisator masyarakat. ​

Yayasan Puter Indonesia mengkhususkan diri pada bidang kegiatan perencanaan semesta kemasyarakatan. Lembaga ini memiliki komitmen membantu LSM, kelompok masyarakat, swasta maupun pemerintah untuk melakukan perencanaan program atau proyek tertentu, dalam kerangka yang menyeluruh dan tuntas. Itu sebabnya Yayasan Puter Indonesia lebih berperan sebagai suatu konsorsium daripada sebagai sebuah lembaga. Konsorsium Perencanaan Kemasyarakatan.
 

Yayasan Puter Indonesia

Kantor:
Perumahan Bogor Baru, Jl. Danau Toba, Blok C-2 No.9
Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah
Kode Pos 16127
P: +62 251 7568477
F: +62 251 7568477
E: office@puter.or.id